True Story about True Love


True love never die

“Ini hanyalah sebuah kisah sederhana dariku. Kalian yang muda mungkin mengatakan bahwa ini hanya karanganku saja, tapi percayalah, jika jodoh tidak akan lari kemana, dan kalian harus mempercayainya tidak hanya dikepala tapi harus juga dalam hati dan doa”.

Itulah penggalan kalimat awal yang diucapkan seorang pria kepada kami. Pria ini adalah kenalan orang tuaku. Kami cukup akrab dengan keluarganya. Pria ini, yang kupanggil paman, telah dikarunia seorang malaikat kecil yang cantik dan manis sekali. Dan kali ini pengertian cantik dan manis itu BENAR-BENAR cantik dan manis. Terutama manisnya. Aku bahkan berharap kelak dikaruniai malaikat mungil seistimewa putrinya.

Note kali ini kutulis dalam rangka memperingati minggu Valetine. Sebenarnya aku tidak enak menulis note ini, tapi aku benar-benar terkesima ceritanya. Dan ini bukan karanganku, tapi KISAH NYATA! Untuk membuat note ini lebih “hidup”, aku mencoba menuliskannya dengan sedikit bumbu, tapi kisahnya benar-benar ada. Aku juga tidak bisa menyebut namanya, karena itu kupanggil dia Mike dan istrinya ku sebut Rose. Semoga dengan note ini bisa memberikan renungan kepada kita. Kepada pria kami akan belajar tentang TRUEnya, kepada wanita akan belajar LOVEnya.

Mike mengenal Rose sejak masih SMA. Mike adalah seorang pemuda yang sederhana. Tingginya sekitar 165cm (saat ini pun masih setinggi itu). Penampilannya bersih dan rapi. Wajahnya cukup tampan. Secara keseluruhan pria yang termasuk cukup menarik. Begitu juga Rose. Wanita dengan tinggi sekitar 160an. Rambut panjang sebahu umumnya. Mata sedikit sipit. Dan postur tubuh yang sederhana tapi menarik. Saat di SMA Mike dan Rose hanya kenal muka saja.

Seiring berjalannya waktu, ternyata Cupid (malaikat cinta) melihat mereka akan menjadi pasangan yang bisa mengalahkan Romeo dan Juliet. Lalu dengan panah cintanya yang nomor kesekian, Cupid memanah hati sang pria. Dan tiba-tiba Mike merasa ada yang berbeda saat melihat Rose. Rose pun merasakan hal yang sama, tapi sayangnya usia mereka yang muda membuat mereka tidak menyadari perasaan mereka masing-masing.

Cupid tidak berhenti berusaha melihat mereka masih ragu dengan perasaannya. Dengan segala cara kasih dan sayangnya, Cupid mempertemukan mereka disuatu tempat disekolah mereka. Dan saat itu mereka hanya berdua dibawah sebuah pohon rindang meneduhinya. Mike tersipu-sipu. Rose hanya tersenyum malu. Cupid deg-degan menunggu. Saat itulah pertama kalinya Mike mengungkapkan perasaannya. Dan hasilnya, panah cinta Cupid tidaklah sia-sia, Rose pun menerima dengan perasaan gembira. Cupid berteriak “YESSSS”.

Kisah cinta Mike dan Rose seperti kisah pada umumnya. Mereka saling menyayangi. Mereka saling berkirim surat (karena dulu HP masih mahal). Mereka keluar berdua dengan sepeda. Ya, dengan sepeda. Kadang mereka belanja bersama di swalayan hanya dengan naik kendaraan umum saja. Apakah mereka malu? Justru sebaliknya. Bahkan Mike pernah berkata padaku, “Aku mencintai dia karena dia, bukan karena apa yang melekat dan fisik dia. Dan kami tidak sedikitpun malu naik oplet dulu karena kami memang tidak peduli itu. Yang paling melekat dikepalaku adalah tangannya tidak pernah lepas dari genggamanku”. Aku tersenyum mendengarnya.

Hari-hari berlalu, tidak terasa mereka pun lulus dari SMA. Mike dan Rose masih tetap saling mencintai. Bahkan walaupun mereka sudah tidak bisa bertemu tiap hari seperti disekolah, tapi surat cinta mereka tidak pernah putus mereda, justru ikatan cinta mereka semakin kuat diantara mereka. Setelah selesai SMA, Mike tidak melanjutkan kuliah, dia langsung bekerja. Sedangkan Rose masih melanjutkan kuliah. Sekali-kali mereka meluangkan waktu bertemu dikala rindu menerpa.

Hampir setahun Rose melanjutkan kuliah dan hampir setahum pula Mike bekerja. Dengan ulet Mike menabung akhirnya bisa mendapatkan motor sederhana walaupun dengan cara kredit. Dengan motor itulah Mike bisa membawa Rose jalan-jalan lebih nyaman. Rose tidak perlu berhimpit-himpitan di oplet lagi. Rose tidak perlu capek-capek menunggu jemputan saat pulang kuliah. Rose dan Mike juga bisa bertemu kapan saja saat mereka kangen. “Aku melakukan semua itu hanya demi dia”, kata Mike bercerita.

Apakah kisah mereka masih seindah itu? Tentu saja, tapi pelangi menjadi indah tentunya karena sebelumnya ada hujan dan badai yang menerpa. Begitu juga kisah Mike dan Rose. Untuk melihat kesungguhan cinta mereka, Cupid diminta untuk menguji cinta mereka. Dan ini terjadi saat pertama kali Mike dikenalkan pada orang tua Rose. Pertemuan pertama Mike memberi kesan yang baik pada orang tua Rose. Dan saat itu satu keluarga besar Rose menerima baik hubungan mereka. Tapi, itu hanya bertahan beberapa bulan saja.

Entah apa penyebab pastinya, orang tua Rose meminta agar Rose memutuskan hubungan dengan Mike. Rose pun bertanya pada orang tuanya kenapa? Tapi hanya sebuah perintah agar jangan menemui Mike lagi. Rose yang begitu sedih langsung mencari Mike. Saat Rose datang dengan berurai air mata kepada Mike, betapa terkejutnya Mike. Mike mengira dia berbuat salah sehingga Rose menanggis. Mike berusaha menghiburnya dan Rose terlelap sebentar dalam pelukan Mike.

Setelah sejam lebih, Rose terbangun. Mike tidak menanyakan apa-apa. Lalu Rose bercerita kenapa dia datang kepada Mike, dan itu dilakukan tanpa sepengetahuan orang tuanya. Rose mengatakan bahwa orang tuanya tidak merestui hubungan mereka. Mike hanya terdiam dan mendengarkan saja. Dihibur kekasih yang sangat dicintainya itu dengan sepenuh hati. Mike berkata dia akan menyakinkan orang tuanya. Tapi Rose takut justru itu akan membuat orang tuanya lebih marah. Rose meminta Mike menunggu, jadi Rose bisa menyakinkan orang tuanya.

“Sebenarnya aku sudah tahu apa penyebabnya”, cerita Mike pada kami. “Orang tuanya menelponku, dan alasan yang dikemukannya adalah bahwa aku yang sekarang dengan penghasilan pas-pasan tidak akan bisa membahagiakan putrinya”, sambung Mike kepada kami saat bercerita. “Aku begitu sedih. Aku sudah yakinkan aku akan berusaha lebih keras lagi untuk membahagikan putrinya. Tapi hanya satu PERNYATAANNYA aku kehilangan kata-kata. Mereka berkata padaku berkeluarga itu tidak bisa hanya dengan cinta, tapi perlu rumah untuk berteduh, mobil untuk menjemput anak-anak, dan uang yang lebih untuk membiayai keluargamu”.

Mike berhenti bercerita sebentar. Kami lihat matanya sedikit berkaca-kaca. Lalu dia melanjutkan ceritanya, “Aku tidak memberitahu kepada Rose karena aku takut dia sedih lagi. Aku sebenarnya ingin merelakannya, tapi aku terlalu mencintainya”. Setelah kejadian itu. Mike dan Rose tidak pernah bertemu lagi. Saat pulang kuliah Rose selalu dijemput ayahnya. Karena cinta mereka yang tulus, mereka bisa bertemu ketika Rose absen kuliah. Dan itu menjadi hari terakhir mereka bersama.

Karena ketahuan Rose masih bersama Mike. Sang bunda memberhentikan kuliah Rose lalu meminta Rose ke Jakarta. Rose awalnya tetap pada pendiriannya. Sempat terjadi cekcok diantara mereka. Tapi karena Mike merasa tidak enak dan merasa bersalah keluarga Rose bertengkar, Mike mengatakan dia merelakan Rose saja, dan itu membuat Rose menanggis sangat sangat sedih. Rose tahu Mike terpaksa melakukannya karena cintanya pada Rose, dan Rose pun tidak menyalahkan Mike, karena Mike pergi dengan air mata yang deras dipipinya.

Tidak terasa bertahun-tahun telah berlalu. Rose juga sudah tidak tahu dimana. Keluarganya memang masih disini, tapi Rose telah menjadi cerita terindah didalam hati Mike. Setelah mereka berpisah, Mike menfokuskan diri bekerja. Dan tidak terasa usianya telah hampir 40. Karena keuletannya, Mike bisa membuka sebuah toko snack yang sederhana. Dan secara pribadi menurutku tokonya sangat ramai. Dia memperkerjakan 2 karyawati. Apakah DIA begitu tega memisahkan mereka? Tentu saja tidak. Saat hati diantara mereka masih menyimpan CINTA SEJATI walaupun hanya sebesar kerikil, maka PERTEMUAN itu akan terjadi lagi pada KESEMPATAN KEDUA.

Disuatu malam Mike pergi menghadiri pesta pernikahan temannya. Seperti pesta pada umumnya Mike juga ikut berbahagia dengan temannya. Lalu teman Mike ingin memperkenalkan Mike seorang wanita, katanya pada Mike wanita ini adalah wanita yang sangat baik dan mereka pasti cocok. Tapi Mike menolak dengan alasan lain kali saja. Padahal dalam hatinya dia masih mencintai Rose. Itulah INDAHNYA TUHAN kita, DIA bekerja dengan caranya yang misterius. Wanita yang selama ini dirindukannya hadir pada malam itu juga.

Mereka bertemu. Mereka saling tersenyum. “Apa kabarnya, sudah 5 tahun lebih tidak bertemu”, sapa Mike pada Rose. Dan Rose membalas sapaan itu dengan senyumannya yang termanis. Pesta pernikahan menjadi ajang pertemuan dua insan yang terpisah karena persyaratan dunia yang bertahan sementara. Mike dan Rose menghabiskan waktu bercerita. Lalu Mike bertanya pada Rose, “Datang sama siapa? Suaminya kok tidak dikenalkan padaku? Lalu sudah punya berapa anak?”, Tanya Mike mencoba menutupi kerinduannya. Saat itu Mike berumur 40 dan Rose berumur 30an.

“Aku belum menikah”, kata Rose sambil tersenyum. “Aku masih mencari dan menunggu orang yang tepat untukku. Lalu bagaimana denganmu? Sudah berapa anaknya?”, lanjut Rose sambil melihat mata Mike. “Waktu mendengar jawabannya aku rasanya hendak melompat”, cerita Mike pada kami. Lalu Mike menjawab, “Aku juga belum berkeluarga, dan aku juga mencari dan menunggu seseorang yang tepat untukku”, kata Mike. Malam itu merupakan malam terindah bagi mereka berdua. Lalu bagaimana kisah selanjutnya? Kalian pasti sudah bisa menebaknya bukan :)

Kini mereka telah dikaruniai seorang malaikat kecil yang sangat cantik dan manis sekali. Putrinya begitu pandai dan gemesin. Usianya sekitar 3 tahun. Mereka berdua menikah setahun setelahnya pada malam itu. Orang tua Rose juga mengetahuinya, tapi sekarang mereka benar-benar merestuinya. TANPA ALASAN APAPUN. Ternyata diJakarta keluarga Rose mendapatkan pelajaran berharga. Aku tidak tahu apa pelajaran berharga itu, tapi yang aku tahu aku sangat berbahagia melihat mereka bisa bersatu setelah sekian lama berpisah.

Dan tahukah apa yang terindah? Ternyata Rose memang sengaja pulang ke sini untuk mencari Mike, Cuma Mike telah pindah sehingga Rose hanya berharap dari informasi-informasi seadanya. Tapi, DIA mempertemukan mereka disaat mereka hampir kehilangan nyala api cinta mereka. Mereka telah membuktikan bahwa kisah Romeo dan Juliet itu bukan hanya karangan pujangga semata yang hanya terjadi dalam buku dan dongeng saja.

Sekarang mereka sangat bahagia. Dan aku yakin mereka akan terus berbahagia sampai menutup usia. Kenapa aku bisa seyakin itu? Rasanya aku tidak menjawabpun kita sama-sama tahu artinya. Puluhan tahun menunggu dan mencari. Hanya berbekal PERCAYA dan SETIA. Dan karena CINTA SEJATI mereka bahkan para malaikat disurga luluh hatinya.

Bagi yang membaca sepertinya kisah ini bohongan belaka. Tapi tidak apa-apa, aku juga tidak keberatan dicap seperti itu. Yang pasti ini adalah cerita yang NYATA. Karena kisahnya yang terlalu indah kutuliskan dalam bentuk note disini. Aku akui aku memang menambah bumbu-bumbu dalam tulisannku, tapi inti ceritanya tidak kuubah semauku. Jika ada yang mengenal pria ini ataupun wanita ini, jadikan panutan dihati. Aku terpaksa tidak bisa memberitahu namanya dan tempatnya karena aku sangat menghargai mereka.

Semoga kisah cinta mereka ini bisa memberi kita pelajaran ataupun renungan, bahwa CINTA SEJATI itu tidak bisa dibeli dengan istilah-istilah MATERI DUNIA. Jika kita mencintai seseorang, maka cintailah dengan sepenuh hati. Bukan karena dia cantik, bukan karena dia tampan, bukan karena dia kaya, bukan karena dia raja, juga bukan karena kelebihan lainnya. Tapi cintailah karena KEKURANGANNYA yang justru kamu tutupi dengan KELEBIHANMU. Itulah yang dibuktikan Mike dan Rose dalam tulisanku.

Akhir kata, inilah kisah nyata tentang indahnya cinta sejati dua insan manusia. Ini kutulis dan kuceritakan dalam rangka merayakan minggu Valentine saja. Jika kita percaya bahwa dia satu-satunya, maka pertahankanlah apapun resikonya, karena mungkin saja DIA sedang menguji kita. Dan apabila kita menyesal telah meninggalkannya, jangan pula kau mencari penggantinya, karena CINTA tidak ada penggantinya, tapi SUKA selalu ada dimana-mana. Lalu kapan kita tahu itu CINTA atau SUKA? Ini kata Mike kepada kami.

“CINTA adalah saat kamu menyayanginya karena ADA KELEMAHAN YANG MEMBUATMU INGIN MELENGKAPINYA. sedangkan SUKA adalah kamu menyayanginya karena ADA KELEBIHAN YANG MEMBUATMU INGIN MEMILIKINYA. Saat kamu mencari kelebihannya saja, maka kamu sebenarnya SUKA, tapi karena tidak mau KEHILANGAN KELEBIHAN ITU maka kau paksakan jadi “CINTA”.

Kau bahagia dengan arti “CINTA” itu? Banyak yang mengatakan “YA” karena mereka masih MEMAKSAKANNYA”. “Tapi saat kau menyayangi seseorang karena KELEMAHANNYA dan kamu ingin MELENGKAPINYA, maka itulah yang disebut CINTA SEBENARNYA. Orang lain mungkin mengatakan itu hanyalah BELAS KASIHAN. Tapi buang jauh-jauh pemikiran itu. Karena CINTA justu datang dengan melihat KELEMAHAN, bukan KELEBIHAN”. By m1kh43l (berdasarkan kisah nyata) Littlemikhael.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s