Gitar tua kenangan


“Rasanya kita harus mengakhiri hubungan ini”.

Itulah sepenggal kalimat yang dikatakan mantan tunanganku sebelum kami berpisah. Saat kutanya mengapa jawaban yang diberikan sangatlah klise. Dia merasa dia tidak mampu untuk membahagiakanku dan memintaku untuk mencari yang lain.

Aku percaya begitu saja? Tentu saja tidak. Instingku mengatakan bahwa alasannya tidak sesedarhana itu. Lalu aku mencari tahu dan ternyata dia jatuh cinta pada yang lainnya.

Setelah beberapa bulan perpisahan, aku memberanikan diri kerumahnya untuk meminta kembali gitarku. Aku begitu menyukai gitar tua yang pernah dia hadiahkan padaku, bukan hanya karena kenangan manis bersama yang dibawanya, tapi gitar tua itu selalu menemaniku bernyanyi disaat aku mengalami hari yang buruk.

Saat kuminta pada mantan tunanganku, ternyata gitarnya telah dia jual pada toko barang bekas. Rasanya aku ingin marah kok dia begitu mudah melupakan kenangan bersama pada gitar itu. Tapi ya sudahlah, dia telah memilih lainnya dan aku juga tidak ingin tersakiti lebih daripadanya.

Setelah berjam-jam mencari toko barang bekas yang dimaksud, akhirnya aku menemukannya. Tokonya sederhana tapi bersih terawat. Aku menanyakan pada pemilik toko tersebut apakah ada gitar yang kucari, dan kukatakan padanya aku akan membayar lebih untuk membelinya kembali.

Tidak disangka, pemilik toko ini justru mengembalikannya padaku tanpa memunggut biaya sepeserpun. Akupun berterimakasih dan berkenalan dengannya. Saat aku memainkan gitarku mencoba bunyinya, pemilik toko ini mengeluarkan satu gitar tua yang usianya kutebak seusia gitarku.

Kami bernyanyi bersama. Aku memainkan melodi kocokan dia memainkan melodi petikan. Sejam perkenalanku dengannya, sejam kami bernyanyi bersama, 30 tahun lamanya dia menemaniku sebagai suami dan kepala keluarga.

Leave a Reply

