7 Cara membuat hidupmu lebih bahagia


1. Belajarlah dari masa lalu dan segera keluar dari sana

“Masa lalu adalah guru paling berharga”, begitulah bunyi salah satu kata bijak dan itu benar. Tetapi, sebaik-baiknya seorang guru tanpa seorang murid yang melaksanakannya adalah juga hampir sia-sia.

Mengapa saya bilang hampir sia-sia? karena memang TIDAK ada yang sia-sia. Jika Anda tidak mau belajar dari “guru” Anda, akan selalu ada murid lain yang akan berguru dengan “guru” Anda.

Ok dech, kembali kepoint. Masa lalu yang buruk ataupun menyakitkan adalah buah pelajaran yang kita petik dari benih perbuatan yang kita tanam. Memang tidak semua adalah kesalahan kita, bisa saja justru kesalahan orang lain, tetapi bukankah semua berpulang pada SIKAP kita juga bukan?.

Masa lalu itu adalah pengalaman. Sepandai apapun kamu menyembunyikannya supaya tidak ketahuan, sedramatis apapun kamu menceritakannya sampai para pendengar berurai air mata, itu hanyalah MASA LALU dan kejadiannya sudah BERLALU.

Terimalah bahwa masa lalumu tidak menyenangkan. Tersenyumlah sekalipun itu sangat memberatkan. Kehidupan bukanlah tentang bagaimana kamu yang dulu, tetapi bagaimana kamu HARI INI dan kedepannya. KELUAR dan BUANG KUNCI pintu masa lalumu.

2. Berfokus pada yang menghasilkan bukan yang menyibukan.

Jangan hanya menyelesaikan sebuah pekerjaan, tetapi selesaikanlah pekerjaan yang TEPAT dan MENGHASILKAN.

Sering kali kita disibukkan dengan hal yang TERLIHAT penting tetapi kurang bahkan tidak menghasilkan, dan yang lebih menyedihkan kita sering melakukannya tanpa kita sadari.

Buatlah daftar apa yang BENAR-BENAR menghasilkan daripada yang menyibukan. Dan mulai mengambil TINDAKAN.

3. Berikan apa yang kamu ingin terima.

Ingin cinta, berikan cinta. Ingin bersahabat, berikan rasa persahabatan. Ingin senyum, berikan senyum. Ingin sukses, berikan sukses.

Ini adalah HUKUM EMAS dalam alam semesta.

Apakah semua itu pasti berhasil? Tentu saja tidak. Tetapi ingatlah, seribu kebaikan saja kadang tidak diterima bagaimana dengan seribu keburukan?.

4. Berhentilah menyenangkan semua orang.

Siapa yang peduli! Jika tuan Mike, nyonya George, nona Catherina, sikurus Andy, siseksi Marry, blah blah blah tidak menyukaimu, SO WHAT?! Kebahagiaan tidak didapat dengan hanya menyenangkan orang lain, tetapi dimulai dengan MEMBAHAGIAKAN DIRIMU SENDIRI.

Buatlah dirimu menyenangkan. Nikmatilah biru angkasa. Nikmatilah hujan yang membuatmu basah. TERSENYUMLAH, karena sebuah senyuman bisa mengubah dunia. Mungkin tidak seluruh dunia tetapi setidaknya dunia bagi yang melihatnya.

5. Lakukanlah apa yang menurut hatimu benar.

Berhentilah melakukan hal yang membuat hatimu tidak tentram. Cobalah perjelas suara hatimu, jangan perbanyak masukan dari telingamu dan kepalamu.

Lakukan segala sesuatu yang menurut hatimu benar dan lakukan dengan benar. Jangan bermain curang. Jujur pada hatimu dan setia pada prinsip kebenaran dan kebaikanmu yang baik.

6. Terimalah bahwa itu tidak sempurna.

Akuilah dan terimalah bahwa hidup tidaklah sempurna, orang-orang tidak sempurna, dan Anda juga tidak sempurna.

Tersenyumlah dalam setiap kesempatan yang ada, tidak hanya karena Anda merasa beban telah tiada, Anda mendapatkan rejeki yang berlimpah, tetapi Anda tersenyum karena Anda MEMILIH UNTUK BERBAHAGIA.

Segala sesuatu yang “sempurna” itu sederhana apa adanya.

7. Lupakan apa yang orang lain katakan tentangmu dan inginkan.

Salah satu dari kebebasan yang membahagiakan adalah BERHENTI mendengarkan pendapat orang lain tentang dirimu.

Lupakan pendapat orang yang mengatakan rambutmu jelek. Lupakan pendapat tentang tubuhmu yang kurang ideal. Lupakan pendapat tentang kamu tidak akan berhasil, dan blah blah blah.

Bukan berarti Anda harus menutup telinga dan menjadi cuek, tetapi kadang Anda harus melupakan apa yang orang lain inginkan tentang kehidupanmu.

Anda adalah penguasa dari hidup Anda sendiri. Anda bisa menjadi apa saja yang Anda inginkan. Jangan biarkan kata-kata kecil mereka mengecilkan impianmu yang BESAR hanya karena ingin bermain aman dan mudah.

Dengarkan kata HATIMU. Ambil RESIKONYA dan lakukan yang TERBAIK.

One thought on “7 Cara membuat hidupmu lebih bahagia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s