10 Hal yang selalu memberimu kebahagiaan


Hargailah apa yang sudah kamu miliki.

Kebahagiaan bukanlah tentang kamu harus memiliki mobil sports terbaru warna merah berharga miliaran yang membuat kagum jutaaan pasang mata. Kebahagiaan juga bukanlah tentang kamu mempunyai pacar sensual supermodel dunia maupun pengusaha muda tampan yang berstatus raja penguasa semua. Dan memang iya, itu mungkin membuatmu bahagia.

Tetapi ingatlah juga, ketika kamu MEMPERCAYAI bahagia itu harus memiliki sesuatu, maka kamu juga harus mempercayai bahwa ketika kamu kehilangan itu, kamu kehilangan bahagiamu.

Hargailah apa yang SUDAH KAMU MILIKI bukan apa yang belum kamu miliki. Karena apa yang kamu miliki adalah HASIL dari jerih payahmu sekecil apapun itu. Kamu telah memilikinya, maka jagalah. Memang benar cara terbaik untuk menghargai sesuatu adalah dengan kehilangannya dahulu, tetapi cara yang lebih baik lagi adalah kamu MENGHARGAINYA KARENA TIDAK KEHILANGANNYA.

Fokus pada hal yang benar-benar membuatmu bahagia.

Berhenti mengeluhkan apa yang tidak membuatmu bahagia. Apapun itu!
Mungkin benar dengan mengeluh kamu merasa lebih baikkan, tetapi pernahkah kamu berpikir bagaimana perasaan mereka yang harus selalu meminjamkan telinganya untuk mendengar keluhmu itu? Saya yakin kamu tahu benar apa maksudku.Kamu masih bernapas. Kamu masih bisa menikmati sarapan. Kamu masih berkumpul dengan keluargamu. Dan itu sudah merupakan kebahagiaan yang sempurna.

Tidak percaya? Maka tanyakan pada mereka yang berjuang untuk segera sembuh dirumah sakit. Tanyakan pada mereka yang setiap hari harus mengemis untuk sesuap nasi. Tanyakan pada mereka yang harus kehilangan orang yang mereka sayangi hari ini. Dan kamu beralasan lagi bahwa itu terlalu berlebihan? Itulah mengapa kamu tidak pernah merasa bahagia. Kamu FOKUS PADA YANG TIDAK BAHAGIA.Fokuslah pada hal yang benar-benar membuatmu bahagia. Jika kamu mengatakan tidak ada yang bisa membahagiakanmu, CIPTAKAN!! Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang harus kamu cari, ia ada dan dekat dihati.

Tentukan arti kebahagiaanmu sendiri dan kejar.

Apa itu bahagia? Bagaimana harus mencapainya? Tanyakan itu setiap hari.Jangan biarkan orang lain yang mendefinisikan bahagiamu. Bahagia bagi mereka belum tentu bahagia bagi kamu. Mereka mempunyai definisinya sendiri, dan kamu juga harus mempunyai definisimu sendiri. Jika mereka mengatakan padamu bahwa itu tidak mungkin bisa atau terlalu sederhana atau hal-hal lainnya, jangan melayangkan makian apalagi pukulan kewajahnya. Katakan dengan bangga dan dengan senyuman termanismu padanya, “Lihat saja nanti”.

Terima tantangan kehidupan.

Tidak selamanya langit itu biru. Bunga-bunga terindahpun akan layu. Dan jangan karena alasan itu kamu membenarkan dirimu untuk mengeluh dan jatuh. Hidup adalah paket dari bahagia dan luka. Tetapi ingatlah ini selalu juga. Semendung apapun angkasa, sebesar apapun badai yang menerpa, semua AKAN BERLALU. Dan ketika bunga-bunga terindah itu layu, akan ada selalu TUMBUH BUNGA INDAH YANG BARU. Hadapi semua dengan senyuman, sekalipun itu sangat memberatkan. Memang benar dengan senyuman bebanmu tidak akan langsung menghilang, tetapi dengan memilih tersenyum kamu baru saja berkata pada semesta, “Aku bahagia dan aku tersenyum karena aku memilih untuk bahagia”.

Batasi pikiran dan waktumu pada hal yang negatif.

Tidak ada hal yang positif pada hal yang negatif. Tetapi luarbiasanya tuan negatif, ia adalah PEMBUJUK ULUNG yang sering kali berhasil menarik kita dengan segala “kebenarannya”.Kamu tidak akan bisa menyalakan api dalam gujuran hujan yang deras. Batasi waktumu untuk hal-hal maupun orang-orang yang berpikiran negatif yang selalu memadamkan nyala api positif semangatmu.

Terimalah apa yang telah terjadi dan nikmati hari ini.

Jangan sia-siakan waktumu untuk mengeluh dan menyesali apa yang sudah terjadi. Tetapi fokuslah pada yang akan kamu perbaiki dan menjadi lebih baik lagi. Sekali-kali kembali melihat masa lalu adalah baik untuk mempelajari pelajaran yang dibawanya, tetapi sangatlah tidak bijaksana ketika kamu justru menetap disana. Itulah mengapa hari ini dalam bahasa inggris disebut PRESENT yang artinya juga HADIAH. Masa lalu biarkanlah tetap menjadi masa lalu. Tidak perlu diberi warna yang indah hanya supaya kamu bisa mengingatnya. Nikmatilah hari ini – PRESENT – hadiah yang Tuhan berikan. Dan biarkan besok menjadi misteri KEBAIKAN-NYA.

Perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan.

Jangan karena  kamu merasa yang paling dilukai kamu membenarkan dirimu pantas untuk melukai. Kehidupan adalah sebuah lingkaran besar, apa yang kamu perbuat pada orang lain dalam amarahmu akan kembali padamu nantinya. Dan apa yang kamu perbuat pada orang lain dalam bahagiamu akan kembali padamu juga. Ini adalah hukum semesta. Kamu memberi marah, kamu menuai amarah. Kamu memberi tawa,  kamu menuai bahagia.

Bersyukur

Inilah kata yang paling MANJUR dalam membina bahagia.
Bersyukurlah karena kamu masih bisa menikmati hari ini yang indah.
Bersyukurlah karena kamu masih bisa bercanda tawa dengan sahabat pena.
Bersyukurlah karena kamu masih bisa berkumpul dengan saudara dan keluarga.
Bersyukurlah karena kamu masih bisa berteduh sekalipun tempatmu sangat sederhana
.Bersyukurlah karena kamu masih bisa bekerja sekalipun penghasilanmu belum berlimpah.
Bersyukurlah karena kamu masih bisa membaca tulisan ini sekalipun tidak menarik dan jauh dari kata sempurna.

Bersyukurlah APAPUN KEADAANMU, karena itulah RAHASIA BAHAGIA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s