Lebih berbahagialah: 7 hal yang membuatmu lebih bahagia


510459988_1a1362114b

7 hal yang membuat lebih bahagia

  1. Berbahagialah
    Jika Anda ingin merasa bahagia, maka berbahagialah. Apakah itu dengan mengenang kembali moment-moment yang membuat Anda bahagia. Apakah itu membaca buku-buku yang membuat Anda bahagia. Apakah itu berbagi dengan sesama. Apakah itu mendengarkan lagu yang membuat Anda kembali ceria, ataukah meminum secangkir kopi favorit Anda dan berbahagia. Lakukanlah dan jangan menunggu.
  2. Berhentilah merampas kebahagiaan Anda sendiri
    Seringkali kita melihat dan berpikir, bahwa jika mempunyai mobil mewah seperti pak Anton kita pasti bahagia. Jika kita mempunyai rumah seindah pak Budi kita pasti bahagia. Jika kita mempunyai suami seperti ibu Lily kita pasti bahagia. Dan tahukah Anda, ketika Anda berpikir seperti itu walaupun barang sebentar, Anda baru saja merampas kebahagiaan Anda sendiri.
    MungkinAnda tidak menyadarinya, betapa diluar sana justru banyak yang ingin menjadi seperti Anda.
  3. Tentukanlah kebahagiaan Anda untuk hari ini, bukan besok.
    Anda hari ini adalah kanvas kosong putih bersih. Bagaimana Anda melewati hari ini tergantung bagaimana Anda menggambarnya dikanvas Anda. Tidak peduli apakah itu gambar yang seindah Monalisa ataukah corat coret anak-anak sekolah, asalkan itu membuat gambar Anda cerah ceria dan bahagia, itulah Anda yang bahagia. Tidak usah berpikir bagaimana besok gambar Anda, fokuskan pada gambar hari ini. Bahagia hari ini.
  4. Terimalah bahwa hidup itu tidak selalu bahagia
    Ya. Akan ada hal yang membuat Anda tidak bahagia. Apakah itu tentang Anda yang baru kehilangan pekerjaan Anda. Apakah itu tentang perselingkuhan pasangan Anda. Apakah itu tentang orang tua yang tidak mempedulikan Anda. Apakah itu tentang sahabat Anda yang mengkhianati Anda. Apakah itu tentang keuangan yang membuat Anda hendak mengakhiri hidup Anda, semua itu adalah ketidak-bahagiaan. Dan ingatlah juga, semua itu pasti berlalu.Seringkali ketika kita membuka mata kita terbangun dipagi hari, kita selalu berharap setiap hari itu indah dan berakhir bahagia ketika kembali tidur malamnya pada kasur empuk kita. Dan itu tidak mungkin ada. Justru ketidak-bahagiaan membuat kita percaya bahwa bahagia itu pantas diciptakan. Maka, ciptakanlah.
  5. Lupakan dan lepaskanlah masa lalu yang menyakitkan
    Hidup adalah tentang hari ini. Bukan besok ataupun masa lalu yang telah berlalu. Hidup itu tentang bertumbuh atau layu dan tenggelam bersama waktu. Jika masa lalu itu indah, kenanglah dan ciptakan kembali pada hari ini. Jika masa lalu itu menyakitkan, lupakan dan biarkan berlalu. Kaki kita tidak berjalan mundur. Dan walaupun Anda bisa memerintahkan kaki Anda untuk berjalan mundur, pernahkah Anda merasa nyaman berjalan mundur?Berjalan mundur membuat Anda lupa ataupun menjauhi bahagia yang menunggu didepan sana. Itulah mengapa semakin Anda mengulang film kenangan masa lalu Anda dan mengasihi diri Anda semakin Anda jauh dari yang namanya bahagia. Yang disebut kenangan itu dikenang, yang disebut kebahagiaan itu diciptakan.
  6. Berkumpullah dengan mereka yang bahagia
    Bahagia itu menular. Itulah mengapa ketika Anda melihat film ataupun mendengar sesuatu yang lucu Anda bisa tertawa terbahak-bahak. Padahal bukan Anda yang mengalaminya, dan bahkan hanya melihat seseorang yang tertawa tanpa Anda ketahui sebabnya Andapun seringkali tertular dan ikut tertawa. Mengapa bisa demikian? Jawabannya sederhana saja, hati Anda hanya mengenal kata bahagia. Itulah mengapa ketika Anda dikondisikan menjadi tidak bahagia, Anda menjadi marah, Anda mengeluh, Anda memaki dan sebagainya karena hati Anda berontak. Ia ingin bahagia, tapi Anda membuatnya tidak bahagia.
  7. Berhentilah membandingkan
    Selayaknya Anda dengan telepon genggam (HP) Anda, jika ia baik, jika ia membuat Anda nyaman, jika semua kebutuhan Anda terpenuhi, dan terutama itu membuat Anda bahagia, tidaklah perlu mendengarkan dan membandingkannya dengan yang lain. Mereka mempunyai definisi bahagianya sendiri, dan Anda mempunyai definisi bahagia Anda sendiri.
    Tidak peduli itu merk apa, seharga berapa, model tercanggih atau baheula, asalkan itu baik dan membuat Anda bahagia, maka ia baik dan berbahagialah.

Kebahagiaan itu diciptakan dan datang dari dalam hati. Ia tidak bisa diminta maupun dibeli. Ia datang pada mereka yang mencari dengan wajah berseri, tapi ia menjauhi mereka yang mengeluh dan berwajah lesu. Dan ingatlah, kebahagiaan itu menular.

:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s