Cara terbaik untuk menikmati harimu


enjoy_life-1440x900

Berhenti menetap dimasa lalu, karena itu sudah berlalu.

Kamu yang hari ini, kamu yang sekaranglah yang harus kamu fokuskan. Karena ketika esok hari datang, hari ini akan menjadi masa lalumu. Dan ketika itu terjadi, pastikan bahwa hari ini yang keesokan harinya menjadi masa lalu, kamu telah menciptakan masa lalu yang menyenangkan.

Dan jangan menetap. Seindah apapun masa lalumu, ia tetap akan berlalu dan pasti berlalu. Begitu juga dengan masalahmu. Apa yang telah lalu biarlah berlalu. Apa yang menjadi esok hari, biarkan tetap menjadi misteri. Fokuskan dan lakukan yang terbaik untuk hari ini. Dan lakukanlah seperti seakan hari ini adalah terakhirmu didunia ini.

Apa yang orang lain pikirkan tentangmu bukanlah urusanmu.

Setiap orang mempunyai pendapatnya sendiri tentang orang lain. Selagi kamu melakukan hal yang baik, dengan niat yang baik, tidak merugikan orang lain, maka baiklah kamu.

Jika mereka berpikir yang tidak seperti kebaikkanmu, maka itu urusan mereka. Bukan urusanmu. Lagipula, mungkin saja mereka seperti itu karena mereka marah pada diri mereka sendiri mengapa mereka tidak bisa sepertimu.

Waktu akan menghapus semuanya, maka, berilah waktu pada sang waktu.

Apapun kekecewaanmu, kemarahanmu, ketidakpuasanmu, semua akan berlalu bersama waktu.

Waktu akan menghapus semuanya, dan itu terjadi setiap waktu. Hanya saja, banyak yang sengaja tidak mau menghapusnya dengan cara mengulang terus pikiran, perkataan, maupun perbuatan yang menyakitkan itu pada dirinya sendiri.

Ikhlaskanlah yang telah terjadi, dan bersama waktu, jadilah yang lebih baik.

Tidak seorangpun yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu selain dirimu sendiri.

Yup, tidak seorangpun. Kamu yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu. Dan kebahagiaan itu sendiri ada dalam dirimu. Kamu yang memilih apakah kamu harus bahagia, ataukah tidak. Bukan orang lain.

Lagipula, seandainya seluruh dunia memberimu sejuta alasan agar tidak berbahagia, selagi kamu tetap memilih untuk bahagia, maka tidak ada satupun alasan disemesta ini yang bisa membuatmu tidak bahagia.

Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain, karena kehidupanmu dan pejalanan hidupnya sendiri sudah berbeda.

Mereka yang kembar saja berbeda, dan seringkali ingin berbeda. Lalu mengapa pula kamu membandingkan dirimu dengan lainnya? Dan yang lebih parah, kamu justru membandingkan kekuranganmu dengan kelebihan lainnya?

Setiap orang itu unik. Kamu mungkin menemukan orang yang serupa, tetapi mereka tetap bukan orang yang sama. Apalagi kehidupannya.

Kamu ada karena dunia memerlukanmu. Kamu berbeda karena Tuhan yang merencanakan padamu. Jadilah yang terbaik menurut dirimu, bukan orang lain.

Berhentilah berpikir terlalu banyak, karena tidak semua pertanyaan harus memerlukan jawaban.

Kamu tidak bisa bertanya dimanakah batas alam semesta. Kamu juga tidak bisa bertanya dimanakah letak surga dan neraka, apalagi bertanya darimana Tuhan itu asalnya. Selalu ada pertanyaan yang tidak harus dijawabkan.

Kadang, jawaban itu ada didepan kita. Tetapi sering kali karena terlalu terfokus pada hal lainnya, kita tidak melihatnya. Bahkan seringkali jawaban sesungguhnya justru tidak ada jawaban seperti perasaan mengikhlaskan.

Daripada kamu berpikir terlalu banyak mengapa kamu harus kehilangan uangmu yang jatuh hari ini, bukankah lebih baik berpikir sebagai amal bagi yang mengambilnya dan mendoakannya?

Tersenyumlah, bukan hanya kamu saja yang mempunyai masalah.

Yup, apapun masalahmu, berusahalah tersenyum. Dunia ini masih berisi banyak hal-hal indah lainnya yang perlu kamu perhatikan daripada masalahmu yang kamu besar-besarkan.

Masalah, justru menjadi penanda ujian naik kelas bagimu yang melihatnya sebagai tantangan. Justru ia menjadi penurun kelasmu ketika kamu menghindarinya dan membiarkannya.

Ketika masalah datang, tenggadahkanlah kepalamu keatas. Lalu katakanlah, “Ya Tuhan, aku tahu Engkau sedang memberiku cobaan ini. Dan aku berjanji, aku akan terus berusaha dan melewatinya. Karena aku percaya, ketika waktunya tiba, Engkau akan memberikanku hadiah yang luar biasa yang telah Engkau persiapkan padaku”.

4 thoughts on “Cara terbaik untuk menikmati harimu

  1. Eeeeemmm…..saya rasa ini hampir menjadi rangkuman dari semua little story yng anda tulis.
    Sangat menginspiratis.
    Ooohh…iya ingin minta pendapat kpd anda. Jika anda ingin menjawab saya ucapkan terima kasih. Jika tidak pun saya maklumi. Mungkin anda tdk sempat untk menjawab or mungkin pertanyaan ini tidak penting. And the question is “Berfikir untuk kembali kepada HATI atau berfikir untk kmbali kpd LOGIKA”
    Mengingat qta hidup dgn Hati dan Logika
    Maaf jika saya terlalu bawel dan byk komen

    1. Terimakasih sekali atas kunjungannya diblog sederhana ini Mitha.

      Saya mungkin tidak pantas ditanyai pertanyaan yg begitu bagus tersebut karena kapasitas saya yg terbatas. Dan seandainya saya boleh sok tahu menjawab pertanyaan Anda, maka keduanya diperlukan.

      Analogi sederhana saya adalah seperti cangkir dan isinya.

      Kadang kita harus menyesuaikan cangkirnya (logika) untuk menampung isinya (hati), dan begitu juga sebaliknya, sehingga ketika MEMINUMNYA kita merasakan manfaatnya dan puas.

      Ada cangkir tidak ada isi, kita tidak bisa meminumnya. Ada isi tidak ada cangkir, kita juga tidak bisa. Dan sekalipun bisa, hasilnya seringkali tidak maksimal.

      Sekali lagi ini sok tahuku saja ya. Tuhan memberikan kita pikiran supaya bisa berpikir dan hati kita bertugas untuk menyaring pikiran itu.

      :)

  2. Heyy…I’m come back to comment your blog :D

    Terima kasih atas jawabannya, sedikit masuk akal bagi saya,
    Oohh…iyaa setelah membaca jawabannya yang menyinggung tentang cangkir, saya ingin memberikan usul untuk share cerita “cangkir cantik”. Pst little mikhael prnah dnger.
    Saya rasa ceritanya bagus dan menarik. Karena saya pun terinspirasi dri cerita tsb. Dan semoga aja bisa bermanfaat untk pembaca lainnya
    Terima kasih ^_^

    1. Welcome back Mitha,

      Ya, saya juga pernah membacanya dan memang bagus sekali. Sebuah masukan yg bagus bagi kita semua disini. Terimakasih ya.

      Semoga kedepan kita semua bisa menuis cerita yg begitu indah, memotivasi dan menginspirasi seperti cerita “Cangkir Cantik” tersebut.

      Terimakasih atas masukannya ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s