Melepas batu yang mengikat tubuh


01

Suatu hari seorang pemuda menemui seorang pertapa. “Wahai pertapa yang bijak, apakah yang harus kulakukan untuk bisa maju dan melupakan masa lalu?”, tanyanya ketika bertemu pertapa ini.

Lalu pertapa yang dikenal bijak ini memintanya bercerita dan keluh kesah apa yang membuatnya berpikir demikian. Setelah selesai bercerita, sang pertapa berkata pada pemuda ini.

“Anak muda, mulai besok setiap hari datanglah padaku. Tetapi, aku memintamu mengikat sebuah batu yang besar dengan tali dan menariknya sampai kesini. Jangan bertanya apa-apa padaku dulu. Lakukan saja”.

Pemuda ini pulang dengan bingung.

02

Hari pertama, pemuda ini melakukannya. Ketika sampai pada pertapa ini, segala keringat bercucuran dan kelelahan. Masih dalam kebingungan, pemuda ini ingin bertanya, tetapi selalu didiamkan sang pertapa.

Hari-hari berlalu, tidak terasa sebulan lamanya. Akhirnya, pemuda ini mencapai puncak penasaran dan amarah. Katanya dengan suara keras pada sang pertapa.

“Aku tahu engkau dikenal pertapa yang bijak, tetapi aku juga memerlukan jawaban mengapa aku harus setiap hari melakukan ini? Apa gunanya aku menyakiti diriku sendiri dengan menarik batu besar ini”.

Pertapa tersenyum penuh arti. Jawabnya.

“Itulah jawaban pertamamu atas pertanyaanmu dahulu”.

“Apa maksud Anda?”, tanya pemuda bingung lupa apa pertanyaannya dahulu. Sang pertapa tersenyum lagi. Dengan bijak ia menjawab.

“Dulu kamu bertanya apa yang harus kamu lakukan untuk melupakan masa lalu dan bergerak maju bukan? Itulah jawabanmu hari ini”.

“Sesungguhnya aku bisa bisa memberikan segala jawaban, tetapi aku yakin semua itu tidak akan memuaskanmu. Mengapa? Karena kamu sendiri masih mengikat batu (masa lalu) ditubuhmu”.

“Bagaimana kamu harus melepaskannya adalah mudah, tinggal potong tali itu dan selesai. Tetapi mengapa banyak orang susah melepaskannya? Karena mereka secara tidak sadar yang tidak mau melakukannya dengan segala alasan dan kebenaran yang ada”.

“Bahkan ada yang sengaja tetap mengikatnya sehingga ketika ia mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya, ia bisa membenarkan dirinya tidak bisa seperti orang lain karena batu (masa lalu) itu terus mengikatnya”.

“Padahal, tidak ada batu yang bisa mengikat seseorang. Kita sendirilah yang mengikat batu itu pada tubuh kita”.

“Dan ketika kamu sadar bahwa batu itu menyakitimu, maka kamu dengan senang hati memotongnya. Itulah yang aku ingin ajarkan padamu anak muda”.

“Sekarang cobalah kamu lepaskan batu besar itu dan naiklah kemari besok kesini. Aku ingin memberikan satu lagi jawaban padamu”, lanjut sang pertapa.

Pemuda ini pulang dengan puas. Ia akhirnya mengerti dari maksud sang pertapa.

Keesokan harinya, pemuda ini kembali ketempat sang pertapa bijak. Sampai kesana pemuda ini tersenyum lebar. Sang pertapa juga tersenyum karena telah tahu pemuda ini telah belajar sesuatu yang baru.

“Jadi, maukah kamu menceritakan apa yang membuatmu tersenyum?”, tanya sang pertapa ramah. Jawab sang pemuda.

“Terimakasih wahai pertapa yang bijak, karena bimbinganmu aku mendapatkan jawabannya”.

“Kemarin aku telah mendapatkan jawaban mengapa dan bagaimana aku harus melepaskan batu besar yang mengikatku. Hari ini saat berjalan kesini aku mendapati aku menjadi lebih kuat”.

“Dulu sambil membawa batu besar, perlu hampir sehari aku sampai kesini. Tetapi ketika batu itu kulepaskan, aku hanya perlu beberapa puluh menit untuk kesini dan aku baru menyadari bahwa banyak pepohonan dan bunga tumbuh indah disini”.

“Aku belajar, masa lalu yang sulit, masa lalu yang buruk akan menjadi KEKUATAN YANG BESAR ketika kita bisa menerimanya dan melepaskannya. BATU yang selama ini kutarik justru MENGUATKANKU”, jawab pemuda ini tersenyum bangga.

Sang pertapa juga tersenyum bangga.

Ingatlah, selalu ada pelajaran dibalik semuanya. Ada hikmah dibalik kesulitan yang ada. Semua tergantung bagaimana kita MELIHATNYA.

One thought on “Melepas batu yang mengikat tubuh

Leave a Reply

