Mengapa Anda harus mendetailkan impian Anda


tumblr_m3x6uhkvnD1qemv0eo1_500

Iya, Anda HARUS mendetailkan impian Anda.

Mari kita mendapatkan jawabannya sama-sama pada contoh cerita dibawah ini.

Suatu siang, Mike kecil pulang dari sekolahnya dengan terburu-buru. Wajahnya terlihat berseri-seri. Entah apa yang membuatnya terlihat begitu bersemangat. Saat tiba dirumah, Mike kecil langsung berlari kekamarnya dan menghidupkan komputernya.

“Superhero”, ketiknya dimesin pencari Google. Lalu tekan tombol Enter.

Hasil yang ditampilkan dimonitornya banyak sekali bahkan sampai jutaan banyaknya. Mike kecil yang melihatnya jadi terkejut. Dia tidak menyangka bahwa ada jutaan lebih superhero. Melihat hal itu, Mike kecil terdiam sebentar sambil tangannya dilipat didada. Otak kecilnya sedang sibuk bekerja.

“Superhero bisa terbang”, ketiknya lagi dimesin pencari tersebut. Lalu meng-klik tombol Search (cari). Mike kecil terkejut lagi, hasil yang keluar juga banyak sampai jutaan walaupun tidak sebanyak yang pertama kali.

Kali ini Mike kecil semakin bingung. Dia memang mendapatkan tugas dari sekolahnya untuk mencari superhero favoritnya beserta data lengkapnya. Tetapi dia tidak menyangka akan sedemikian banyak superhero yang ditampilkan. Dalam kebingungan itu, Mike kecil mencari lagi. Kali ini dia mengetik lebih detail.

“Superhero bisa terbang, cepat, kuat, matanya bisa tembakan sinar laser, punya mantel bisa terbang”, lalu klik Search.

Hasilnya, memang masih banyak, tetapi hasil yang ditampilkan sudah mulai terlihat sama dan lebih mudah dipilih. Ternyata yang ditampilkan kebanyakan adalah superhero Superman. Yang membedakannya adalah desain Supermannya dari kostum hingga secara fisiknya.

Mike kecil tersenyum, inilah yang dia cari. Dan itu didapatkannya dengan menuliskan secara LEBIH DETAIL.

Yup, Melalui contoh cerita diatas saya yakin Anda telah menangkap maksudnya. Itulah alasannya mengapa Anda HARUS MENDETAILKAN IMPIAN Anda.

Tidak seorangpun didunia ini yang tidak ingin sukses mengapai cita-cita atau impiannya. Ya saya tahu beberapa dari Anda mungkin berkata ada yang memang tidak ingin sukses. Jika memang ada maka saya pun tidak ingin membahas hal itu, karena kita semua paling ahli bagaimana caranya supaya tidak sukses.

Seringkali Anda, saya maupun mereka yang diluar sana mempunyai keinginan yang sama untuk sukses. Mempunyai impian mempunyai rumah sendiri, mobil sendiri, penghasilan yang berkali-kali, jabatan yang tinggi dan lain sebagainya yang bisa Anda tambahkan sendiri.

Tetapi sayangnya seperti Mike kecil yang mencari superheronya, Anda mempunyai impian yang sangat TERLALU UMUM atau BELUM JELAS.

Memang benar dengan mempunyai impian ingin punya rumah mewah, mobil mewah, jabatan yang wah, itu sudah impian. Tetapi pengertian mewah itu seperti apa?

Ada yang mengartikan rumah mewah itu luasnya bukan hitungan Meter lagi, tetapi Kilometer (dan memang ada yang seperti itu). Tetapi ada juga yang mengartikan mewah itu luasnya cuma 8m dan desain simple minimalis.  Bahkan ada yang mengartikan rumah mewah itu asal atapnya tidak bocor.

Ada yang mengartikan mobil mewah itu kalau dari merk terkenal dunia. Ada yang mengartikan harganya diatas hitungan milyar. Tetapi ada yang mengaritkan mobil mewah jika ia telah memilikinya sekalipun merknya belum pernah didengar dan sudah jadul.

Ketika Anda belum jelas dengan impian Anda, maka “Google” memberikan hasil yang belum jelas juga. Bahkan lebih tepatnya “Google” memberikan seperti yang Anda minta, baik Anda sadar atau tidak.

Tetapi ketika Anda mendetailkan impian Anda, Anda memperjelas impian Anda, “Google” juga memberikan hasil yang jelas kepada Anda.

Itulah mengapa mereka yang berhasil mewujudkan impian mereka selalu berkata, baik dari seminar mereka, baik dari buku mereka, baik dari acara dilayar kaca selalu berkata,

“Bayangkanlah Anda sudah mendapatkannya. Perjelas dalam pikiran Anda. Rasakan dalam-dalam perasaan Anda dan Visualisasikan setiap saat setiap harinya”.

Mereka yang sukses selalu mendetailkan impian mereka dengan sungguh-sungguh. Jika mereka menginginkan rumah impian, mereka mencari contoh desain rumah yang mereka inginkan. Mereka print dikertas foto terbaik sehingga tidak luntur. Mereka cetak beberapa lembar dan tempelkan disetiap sudut rumah yang bisa mereka lihat.

Bagi sebagian orang yang melihatnya, mungkin mereka akan ditertawakan. Tetapi ketahuilah, orang yang impiannya kuat dan sukses awalnya juga selalu jadi bahan tertawaan dan guyonan bahkan sampai bertahun-tahun lamanya.

Tetapi ketika impian itu menjadi telah nyata, tawa mereka segera menjadi tenggelam. Sekarang mereka hanya bisa menyesalinya dan mengerutu mengapa dunia begitu tidak adil pada mereka, bahkan sampai Tuhan pun disalahkannya.

Dan saya harap Anda bukan menjadi salah satu seperti mereka yang mengerutu dan mencari kesalahan yang ada. Tetapi Anda menjadi salah satu yang termotivasi dan terinspirasi dari perjuangan mereka dan MULAI mengejar impian Anda.

Ya, banyak juga dari Anda mungkin berkata, “Tapi gue kan dah perjelas impian gue bro. Semua dinding dah gue tempelin th. Bahkan di Hp gue aja wallpapernya pakai foto impian gue, tetapi kok masih belum tercapai?”.

Jawabannya sederhana saja. Apakah Anda sudah menekan tombol ENTER atau tombol SEARCH? yang dalam kehidupan kita disebut ACTION?!.

Ketika Anda mengetikan sesuatu yang hendak dicari dimesin pencari Google tanpa Anda menekan tombol Enter atau Search, Google tidak akan menampilkan apa-apa. Apalagi Anda yang berada dikehidupan nyata yang Anda bertanggung jawab penuh terhadap hidup Anda.

Jika tulisan yang ada diGoogle mesin pencari tidak dihapus tidak akan hilang, tetapi Anda adalah manusia hidup yang pikirannya bermacam-macam dan bisa berubah kapan saja bahkan lupa. Lalu bagaimana Anda bisa yakin akan mencapai tujuan Anda jika Anda sendiri berubah pikirannya bahkan melupakannya?

Itulah mengapa Anda perlu menvisualisasikannya berkali-kali. Dicetak dan ditempel dan dilihat setiap hari.

Itu dimaksudkan supaya Anda TIDAK MELUPAKAN IMPIAN ANDA!!.

Akhir kata, itulah alasan mengapa Anda perlu mendetailkan impian Anda. Bagaimana Anda mendetailkannya itu tergantung gaya dan cara Anda. Yang penting adalah impian Anda HARUS JELAS dan DETAIL sampai keakarnya. Dan ketika Anda telah melakukannya, jangan pernah lupa menekan tombol Enter alias ACTION!.

Dan ya, memang tidak mudah. Makanya orang yang berhasil mengapai impiannya tidaklah banyak. Jika mereka bisa, Anda juga pasti bisa. Jangan membandingkan Anda dengan mereka apalagi sampai menggunakan faktor keberuntungan sebagai senjata utama.

Anda adalah seorang yang luar biasa bahkan ketika Anda tidak mempercayainya dan memberikan saya ribuan bukti nyata. Saya mempercayai Anda bisa sebagaimana saya mempercayai saya juga bisa.

Sebagai penutup tulisan ini, saya juga melakukan apa yang saya tulis disini. Saya print apa yang menjadi impian saya. Saya tempel didinding kamar saya dan saya bahkan kumpulkan dan masukan kebuku impian saya.

Setiap malam sebelum tidur saya melihatnya, berdoa agar Tuhan mendengarkan dan mengijinkannya. lalu istirahat untuk beraktivitas keesokannya harinya.

Sejujurnya, saya juga tidak tahu kapan impian saya ini akan tercapai, tetapi saya percaya pasti bisa dan terus mencari cara mewujudkannya. Saya percaya bukan karena sekedar percaya, tetapi saya benar-benar mempercayainya.

Mengapa? Karena impian kecil saya sebelumnya tercapai karenanya. Maka, DETAILKAN/JELASKAN impian Anda. Dan Anda akan merasakan manfaatnya.

Jangan menyerah mengejar impian Anda. Sulit-susah bukan alasan utama. Mau atau tidak itulah pertanyaannya.

:)

One thought on “Mengapa Anda harus mendetailkan impian Anda

Leave a Reply

