Masihkah Anda percaya bahwa Anda bisa?


Dan Anda harus menjawab, “BISA!!

Saya tahu, Anda mungkin akan mengatakan bahwa Anda sekarang merasa sangat putus asa. Dunia seakan menertawakan Anda dimana Anda telah berusaha bermaksimal mungkin, belajar dari semua kegagalan, berjuang siang malam, tetapi hasilnya masih sangat jauh dari yang diharapkan. Bahkan tidak sedikit yang terlihat justru seperti kemunduran daripada kemajuan.

Tetapi, katakanlah ini pada diri Anda sendiri, “Saya BISA dan saya PERCAYA”.

Memang benar, hanya bermodalkan percaya dan doa tidak akan membawa Anda kemana-mana, tetapi dengan berusaha tanpa mempercayai apa yang Anda lakukan bisa juga akan terasa sia-sia.

Saya tahu dengan benar bagaimana perasaan Anda ketika Anda dalam posisi sedang hampir menyerah, hampir putus asa, rasanya setiap kalimat ditulisan ini jadi tidak ada gunanya. Dan menurut saya itu hal yang sangat wajar.

Tetapi percayalah, saya menulis ini bukan karena saya tidak mengalaminya, justru saya sering mengalaminya dan bahkan sekarang juga saya sedang mengalaminya seperti Anda yang hampir menyerah dan hampir putus asa.

“Bro, ketika kamu mengalami masalah, itu tandanya kamu sedang BERTUMBUH”.

Yup, itulah yang dikatakan salah satu sahabat baikku dulu ketika kami saling sharing tentang pekerjaan dan lainnya. Dia menceritakan bagaimana pertama kalinya dia resign (mengundurkan diri) dari pekerjaan lamanya dan memulai usaha sendiri dengan modal pinjaman lagi.

Saya tanya apakah sahabat saya ini yakin dengan keputusannya, dan dia mengatakan demikian,

“Sejujurnya saya sendiri tidak begitu yakin, tetapi jika saya tidak mencobanya saya yakin saya sudah gagal. Yang saya yakin adalah saya orangnya yang tidak mudah menyerah. Saya akan melakukannya sampai saya menang”.

Hasilnya, setelah 3 tahun lebih melakukanya, dia memang MENANG!

Apakah sahabat saya ini beruntung?! Tergantung dari sudut pandang Anda memandangnya.

Dari yang saya tahu, ketika bulan-bulan pertama melakukan bisnisnya, bukan main banyak masalahnya. Dari keluarga yang kurang setuju sampai perputaran keuangan yang macet. Saya juga yakin, entah berapa kali dia menanggis diam-diam karena masalahnya itu.

Tetapi, dia tetap PERCAYA dan TIDAK MENYERAH! Bahkan mendengarnya mengeluh saja jarang.

Dia selalu belajar dari masalahnya dan MEMFOKUSKAN pada SOLUSINYA. Dia membeli buku-buku yang mendukung, ikut seminar tentang bisnis dan sejenisnya. Dia meminta pendapat dan masukan dari mereka yang berhasil melakukannya lalu menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Itu dilakukannya terus-menerus sampai hari ini. Dan dia memang MENANG.

Sebagai penutup tulisan ini, saya ingin mengutip apa yang dikatakan sahabat baikku ini. Saya sendiri tidak begitu ingat setiap kata dan kalimatnya, tetapi saya masih ingat apa intinya.

Semoga bermanfaat, dan JANGAN MENYERAH! TERUS BERUSAHA! PERCAYA dan BERDOA!

“Bro, saya tidak mengatakan bahwa saya lebih baik atau lebih hebat dari kamu atau lainnya. Diluar sana lebih banyak lagi yang melebihi saya. Saya hanya ingin mengatakan bahwa apa yang saya dapatkan adalah hasil TIDAK MENYERAH, TIDAK MENGELUH dan PERCAYA”.

“Jangan berharap sesuatu yang instan, itu justru membuatmu tidak matang. Semua ada PROSES yang harus dilewati. Saya memulainya dengan pinjaman, tapi saya tidak menganggap itu sebagai “pinjaman”, tapi sebagai MODAL INVESTASI”.

“Bro, Tuhan telah menetapkan rejeki kita masing-masing. Mereka yang bekerja lebih keras, dengan hati yang baik dan jujur, tidak menyerah, mungkin rejekinya belum datang tetapi itu bukan berarti tidak datang”.

“Dan ketika harinya tiba, apakah itu besok, minggu depan, bulan depan ataukah bertahun-tahun kedepan, kamu akan menanggis dan berseru bahagia ternyata Tuhan telah merencanakan semuanya”.

“Sekarang, jangan menyerah! Terus berusaha! Harus percaya dan berdoa. Sisanya biarkan Tuhan yang menentukannya”.

One thought on “Masihkah Anda percaya bahwa Anda bisa?

Leave a Reply

